HARVEST MOON : A WONDERFUL LIFE [ Hewan Ternak ]

Tips and trick hewan ternak HM awl
Oke, Sekarang Kita Bahas Tentang Para Hewan Ternak .
Dalam Bermain Game Harvest Moon : A Wonderful Life, Yang Paling Pertama Harus Kita Perhatikan Adalah Kesehatan Dan Kebahagiaan Para Hewan Ternak Kita. Jika Kita Dapat Merawat Hewan Ternak Kita Dengan Baik, Maka Mereka Juga Akan Menyayangi Kita Dan Akan Memberikan Kita Keuntungan Yang Sangat Besar.

Baik langsung saja kita ke ke topik utama.

1. Sapi :
Cara merawat sapi di HM awl

Dalam Game Harvest Moon : A Wonderful Life (HMAWL) Ini Ada Dua Jenis Sapi, Yaitu Sapi Betina (Cow) Dan Juga Sapi Jantan (Bull). Tetapi Ada 4 Type Sapi Yang Berbeda Yaitu, Normal, Brown, Marble Dan Star.
 Dan Sapi Yang Paling Mahal + Paling Menguntungkan Adalah Star Cow, Kenapa Star Cow Bisa Mahal ? Karna Kualitas Susunya Yang Paling Tinggi Apalagi Kalo Kalian Punya Star Milk Yang Kualitasnya S ... Dijamin Dah Cepet Kayanya.
    ----- .Oke Sekarang Ke Kualitas Dulu. -----
* Cara Mendapatakan Susu Yang Berkualitas S Itu Sebenernya Susah-susah Gampang (Menurut Saya :D).
     * Hal Yang Pertama Harus Diperhatikan Adalah : Pemeberian Makan Yang Teratur, Yaitu 2 Kali Sehari. Jika Sudah Setengah Hari Tapi Rumput Yang Ada Di Kotak Makanannya Itu Masih Ada (Belum Dimakan Sama Sapinya). Sebaiknya Kamu Kasi Dia Perhatian Yang Lebih Dengan Cara Memberikan Rumput Langsung Dari Tangan, Tapi Harus Sedikit Dipakasa Sampe Dia Mau Makan.
* Tentang Rumput Nih .. : Rumput Adalah Makanan Utama Hewan Ternakmu Seperti Kambing, Kuda, Sapi Dan Juga Domba. Kamu Harus Selalu Mengontrol Persediaan Rumput Yang Ada Di Pasture Dengan Cara Memupuk nya Menggunakan Fertilizer , Dan Jangan Sekali-kali Kamu Mencoba Untuk Mengabaikannya. Jika Kamu Sampai Mengabaikannya. Maka Dijamin Kamu Bakalan Pusing Mikirin Makanan Sapi (Pengalaman Saya :D Haha).
    ---- Banyak Yang Bilang Kalo Mau Dapet Susu / Wool Yang Bagus Thu Kita Cuma Perlu Ngasi Hewan Kita Good Fodder. Tapi Kalo Saya Saranin. : Lebih Baik Gak Usah Bela-Belain Beliin Hewan Ternak Kamu Good Fodder. Tapi Kamu Cuma Perlu Ingat Untuk Menyikat Dia 2 Hari Sekali, Ngasi Makan Yang Teratur, Mandiin Dia Setiap Minggunya Dan Dielus-elus Kepalanya. Pasti Dijamin Dah Bakalan Dapet Susu Yang Gradenya S, Dan Juga Dapat Gold Wool.
     ---- Kamu Juga Harus Selalu Ngecek Kesehatannya Yang Ada Di Diary Dan Juga Papan Tulis Hijau.
* Jika Cuacanya Sedang Cerah. Kamu Harus Menggembalakan Semua Hewan Ternakmu Di pasture (Dibelakang Barn mu) Supaya Para Hewan Ternak Tidak Stress Dan Kesehatannya Agar Tetap Terjaga.
* Sapi Betina Hanya Bisa Menghasilkan Susu Selama 32 / 38 Hari. Jika Sapi Betina Sudah Tidak Menghasilkan Susu Lagi. Maka Kamu Harus Mengawini Si Sapi Betina Itu Dengan Sapi Jantan Milikmu Atau Takakura Yang Akan Membawakan Sapi Jantan Dari Kota. Kalo Kamu Punya Sapi Jantan Sendiri Maka Kawin Silang Sapinya Gratis. Tapi Kalo Kamu Minta Dibawakan Sapi Dari Kota Maka Kamu Harus Mengeluarkan Uang Yang Cukup Banyak. Lamanya Kehamilan Sapi Itu Sekitar 18 Hari (Kalo Gak Salah Yah Gan :D) 15 Hamil Dan 3 Hari Di Kurung Di Tempat Yang Mirip Kaya Ring Tinju (:D Haha). Setelah Melahirkan, Anak Sapi Tersebut Akan Berada Di Tenda Yang Berada Di Luar Kandang. Kita Harus Rajin Memberi Anak Sapi Itu Susu Ibunya Dan Juga Selalu Teratur Memberinya Makan.



2. Domba :
Cara merawat domba di HM awl

Domba Hanya Ada Satu Jenis Saja Yaitu Domba Betina.
Cara Merawat Domba Juga Tidak Berbeda Dengan Cara Merawat Sapi.
Kita Hanya Perlu : Menyikatnya Setiap Hari, Memberi Makanan Yang Teratur, Memandikannya Setiap Minggu, Mengelus-elus Kepalanya Dan Juga Sering-sering Mengajaknya Berbicara.
* Wool : Untuk Mencukur Bulu Domba, Kita Pertama Harus Membeli Wool Clippers Di Takakura / Kita Bisa Mendapatkannya Gratis Dari Wally (Jika Kita Berteman Baik Dengan Wally).
* Kualitas Wool : Ditentukan Hanya Dari Kesehatannya Saja, Jika Kesehatannya Full Maka Domba Kamu Bakalan Menghasilkan Wool Dengan Kualitas Emas (G). Wool Hanya Bisa Di Cukur Setiap 10 Hari Sekali.

3. Kambing :
Cara merawat kambing di HM awl

Ini Adalah Salah Satu Hewan Ternak Yang Dapat Kita Pelihara.
Menurut Saya Hewan Ini Tidak Menguntungkan, Karena Hanya Memberikan Keuntungan Yang Kecil. Kita Dapat Membelinya Dari Van Pada Tahun Ke 2. Dengan Harga 4000G Atau Kamu Bisa Tawar Sampai Harganya Diturunkan Menjadi 2400G (Tapi Kamu Harus Berteman Dulu Sama Van Dengan Sering Memberikannya Koin). Cara Merawat Kambing Sama Dengan Cara Merawat Sapi Dan Juga Domba.
* Susu Kambing Tidak Ada Gradenya Dan Menghasilkan Susu Hanya Untuk 40 Hari, Dan Kamu Harus Membelinya Lagi Dari Van Jika Kambing Tersebut Sudah Tidak Menghasilkan Susu Lagi.

4. Kuda :
Cara merawat kuda di HM awl

Kamu bisa mendapatkannya Pada Tahun Pertama 
* Untuk Cara Merawatnya Kurang lebih Sama Saja Seperti Merawat Hewan Ternak Yang Lainnya. Tapi saya rekomendasikan untuk Seringlah Memberinya Apel.

5. Ayam
Cara merawat ayam di HM awl

Ayam Bisa Kita Beli Dari Takakura Dengan Harga 900G. Ada 2 Jenis Ayam, Yaitu Ayam  Jantan Dan Ayam Betina.
* Merawat Ayam Sangat Mudah, Kita Hanya Perlu Memberi Pakan Burung 1x Untuk Kisaran 3-4 Hari (Tergantung Jumlah Ayam Yang Kita Miliki Di Kandang). Kita Hanya Bisa Menyimpan 8 Unggas (Kalo Gak Salah :D) Untuk Mendapatkan Telur Emas, Hal Utama Yang Harus Diperhatikan Adalah Hati Yang Dimiliki Oleh Ayam Betina, Dan Juga Kesehatannya.
* Kita Hanya Memerlukan 1 Ayam Jantan Dan 5 Ayam Betina.
Yang Lagi 2 Ini Adalah Bebek.

6. Bebek :
Cara merawat bebek di HM awl

Kita Akan Mendapatkan Bebek Pada Tahun Ke 2 Musim Summer.
* Cara Mendapatkannya Adalah. Kita Harus Membuat Kolam (Pond) Pada Tahun Pertama. Lalu Pada Tahun Ke 2, Saat Kita Sudah Menikah. Di Pagi Hari Istri Kita Akan Membangunkan Kita, Dan Memberitahukan Bahwa Ada Sepasang Bebek Jantan Dan Betina Di Kolam. (Dulu Saya Kasi Nama Bebek Saya Daisy dan Si Donald :D Haha).
* Bebek Tidak Bertelur. Tapi Kalo Kamu Menetaskan Telur Ayam, Pada Saat Menetas Telur Ayam Itu Akan Berisi Seekor Anak Bebek. (Anak Bebeknya Lumayan Buat Dijual).

Baca juga:

Terima Kasih Semuanya Yang Sudah Membaca Blog Saya .
Saya Harap Ini Semua Bisa Membantu Agan" Yang Suka Main Harvest Moon : A Wonderful Life.

Nah sekian dulu dari saya.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.
Dan jangan lupa untuk support saya di Facebook, Quora dan juga YouTube!
Terimakasih Gozaimuch Allen!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

34 komentar:

  1. Thanks gan infonya...mampir juga ya gan Ternak kambing
    Makasih gan

    BalasHapus
  2. Sapinya dimandiin?
    Gimana caranya bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukin ke kamar mandi terus pakein shower take a bath deh dia, atau lu cemplungin ke sungai juga beres

      Hapus
  3. Keluar kan sapi ke ladang lalau bawa sapi nya ke bak air yg ada si samping barn lalu gunakan sikat...nanti sikat nya itu ber mode washing.

    BalasHapus
  4. Kalo sapi hasil beli berapa lama bisa menghasilkan susu gan?

    BalasHapus
  5. jika sudah punya sapi jantan apa harus membeli miracle potion dahulu agar bisa hamil sapinya

    BalasHapus
  6. jika ada sapi jantan apa harus beli miracle potion dulu agar sapi betina bisa hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh sih, tapi kalau udah dewasa ga perlu miracle potion

      Hapus
  7. Bisa gak beli kambing kedua kalinya

    BalasHapus
  8. Gan saya beli star cow tapi kok udah 2 musim gak bisa diperah ya susunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kawinin dulu sapinya sama sapi jantan (bull), Gan. Caranya masuk ke tempat order keperluan ternak. Nanti pilih yg gambar hewan, setelah itu klik miracle potion. Selanjutny pilih, mau ama sapi jantan dr ternak kita sendiri atau dari luar (dari luar bayar 2500, sedangkan sapi farm sendiri gratis)

      Hapus
    2. Bang kalo sapi baru beli butuh berapa lama biar bisa di kawinin

      Hapus
  9. Bang sapi star cow gua cuma ngasilin susu star S nya cm 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sapi di harvest moon a wonderful life tak bisa terus-menerus menghasilkan susu dalam jumlah banyak. Ada rentang waktunya. Jadi kalau ingin dapat susu 3-4 botol lagi, setahu saya sapi itu harus dikawinkan dengan sapi jantan. Bisa sapi jantan milik sendiri atau sapi lain. Kalau sapi jantan sendiri biayanya gratis, kalau sapi jantan dari kota harus bayar cukup mahal.

      Hapus
    2. Yang penting perawatannya, Jangan dikandangkan terus. Kalau cuacanya bagus usahakan untuk taruh diluar. Dan pastikan rumput di pastur sudah di beri pupuk. Ingat ya Good fodder ga perlu sama sekali.

      Hapus
  10. Saya sudah game 3 kali harvest moon a wonderful ini. Dengan istri berbeda-beda tentunya. Eh, tiba-tiba rindu ingin main lagi. Jadi kali ini saya ingin istrinya Nami. Soalnya tiga wanita lainnya pernah saya nikahi 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nami yang paling susah untuk di dekati. Tapi semangat aja,

      Hapus
  11. Butuh 6 tahun untuk tamat. Semangat, harvest moon lovers!

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Setau saya yang tolol itu kamu yang ga punya etika dan sok jagoan di dunia Maya bro

      Hapus
    2. Ngapain mampir ke sini tolol

      Hapus
  13. ini blog gagal paham bukan sih, kok mirip nama bebeknya dgn yang dichannel gagal paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, ini Blognya Jafar Jallaludi 😂 mungkin kebetulan aja nama bebek kami sama.

      Hapus
  14. Min cara memerah susu star cow gmn sih punya gue kok belum bisa perah y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu di kawinin dulu, setelah melahirkan tunggu 2 Minggu baru bisa hasilin susu.

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Kalau udah setahun (40hari) sejak membeli kambing sudah tidak bisa menghasilkan susu, cara jual kambingnya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di jual lewat shipping (tempat kita jual beli hewan dari Takakura). Tapi ada sebagian versi Harvest Moon A Wonderful Life yang ga kita ga bisa jual Kambingnya.

      Hapus
    2. Kebetulan tidak ada pilihannya untuk jual hewan kambing. Jadi solusinya lebih baik gimana?

      Hapus
    3. Terpaksa harus tunggu kambingnya mati, jangan kasi makan dan perhatian aja. Nanti akan mati sendirinya. Jangan dibiarkan keluar juga supaya tidak makan rumput di pasture.

      Hapus
  17. Bang tolong di jawab

    Jika kita membeli sapi kita harus menunggu berapa lama untuk memerah susu nya bg?

    BalasHapus